BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Monday, March 08, 2010

SEJAUH MANA INDONESIA AKAN SANGGUP MENGHADAPI MASA DEPAN YANG MODERN DAN BERBASIS TEKNOLOGI YANG MUDAH DIAKSES

Dalam perkembangan dewasa ini, perubahan teknologi berkembang sangat pesat. Tidak heran Negara-negara di dunia mengikuti perkembangan teknologi ini agar Negaranya semakin modern dan tentu saja sangat memudahkan rakyatnya dalam memperoleh informasi dari belahan dunia manapun. Di Indonesia sendiri perkembangan teknologi sangat menarik perhatian pasar-pasar dunia. Permintaan barang teknologi modern semakin meningkat. Sebagai contoh, bisa kita lihat banyak sekali bermunculan handphone-handphone yang berteknologi canggih, mulai dari harga yang mahal sampai yang sangat murah yang sudah dapat mengakses internet, mp3, dan lain sebagainya. Memasuki awal tahun 2010 semakin banyak produk-produk yang berbasis teknologi modern yang masuk di Indonesia, dapat kita lihat bagaimana rakyat Indonesia merespon positif kehadiran handphone Blackberry, notebook-notebook yang berkualitas dan murah semakin menjamur, pameran-pameran gadget berkualitas yang semakin sering kita jumpai dan semakin banyaknya tempat-tempat umum yang sudah menyediakan layanan wi-fi atau hotspot gratis. Itu cukup membuktikan bahwa sebenarnya masyarakat Indonesia sangat melek teknologi. Mereka sangat sadar akan perubahan zaman yang serba instant, serba canggih dan mendukung sekali bagi mereka yang hidupnya mobile.

Beberapa waktu yang lalu saya melihat salah satu berita di televisi yang meliput salah satu kampung di Deli Serdang, Sumatera Utara yang bernama Kampung Terang Bulan. Kampung tersebut sudah tersohor di mancanegara karena keberhasilan masyarakatnya membangun kampung digital dikampungnya. Padahal kampung tersebut belum mendapat jaringan telepon. Cerita bermula dari segelintir anak muda kampung Terang Bulan yang ingin daerahnya maju seperti daerah lain di sekitarnya yang dapat menikmati fasilitas internet. Karena semangat anak-anak muda tersebut yang ingin memajukan kampungnya, maka diwujudkanlah Kampung Digital tersebut dengan akses internet memakai akses Speedy yang di-sharing melalui teknologi radio link karena daerah tersebut belum memiliki line telepon. Hingga saat ini masyarakat Kampung Terang Bulan sudah memanfaatkan internet untuk melakukan pekerjaannya, misalnya sebaran undangan atau acara kampung melalui facebook, blog kampung pun sudah mereka buat bahkan anak-anak pun sudah membuat blog sendiri dan mencari referensi pelajaran dari internet tersebut. Penggunaan internet itu bukan hanya sebatas hiburan (jejaring social) tetapi mereka juga memanfaatkan informasi yang didapat untuk memajukan kampung mereka. Keberhasilan kampung terpencil tersebut menjadi contoh bahwa masyarakat Indonesia ada keinginan untuk hidup maju dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Kemajuan teknologi sangat bermanfaat sekali untuk kehidupan kita. Semakin mempermudah kita melakukan sesuatu dan memperoleh informasi. Informasi dibelahan dunia manapun dapat kita akses dengan mudah. Kemudahan transaksi pun dapat kita lakukan melalui intenet seperti maraknya online shopping yang sangat berkembang pesat di tahun 2009 lalu, berkembangnya teknologi e-commerce, e-learning, juga e-government yang berkembang baru-baru ini. Pemanfaatan teknologi ini jangan hanya dilihat dari segi positifnya saja, segi negatifnya pun harus kita pertimbangkan. Maraknya kasus penculikan gara-gara facebook ataupun kasus penulisan kata-kata yang menyinggung seseorang di situs jejaring social adalah bukti segi negatif karena pemanfaatan teknologi internet yang salah dan tidak sesuai tempatnya. Situs jejaring sosial yang sangat marak akhir-akhir ini bukan hanya sekedar sebagai hiburan semata atau sebagai tempat menulis unek-unek yang dapat menyinggung perasaan orang lain tapi dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk berbagi informasi dan menyebarkannya. Handphone Blackberry pun diciptakan bagi mereka yang mobile dan sangat membutuhkan koneksi internet dimanapun dan kapanpun. Sangat disayangkan jika fungsi tersebut disalahgunakan hanya untuk terlihat keren dan menyesuaikan diri dengan pergaulan. Padahal dalam penggunaan teknologi yang utama adalah harus sesuai dengan kebutuhan manusianya. Masalahnya, tidak semua orang memahami secara mendalam apa yang benar-benar dibutuhkannya dengan sarana teknologi informasi itu. Barangkali yang sekarang banyak dimanfaatkan adalah dari sisi hiburannya. Sedangkan mengenai sisi strategis komunikasi belum begitu didalami. Bila telah mampu menyerap filosofi dari teknologi komunikasi, maka pada saat itulah Indonesia siap menghadapi pasar bebas yang sesungguhnya dan bersaing dengan berbagai negara di dunia.

0 comments: